Rekrutmen Online

Cara Negosiasi Gaji 2021

Negosiasi gaji merupakan hal yang harus diperhatikan ketika melamar perkerjaan. Banyak pelamar kerja yang selalu menantikan recruitment step akhir ini. Ada banyak cara yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk mengenali personality dan professionalitas dari calon karyawannya. Salah satu cara yang dilakukan perusahaan adalah dengan memberikan promosi serta ada perusahaan yang memberikan hadiah khusus yang diberikan ke karyawan terbaik. Dari laporan tren bakat 2021 yang akan segera dikeluarkan oleh satu recruitment agency terbesar di dunia, memberikan informasi lebih lanjut terhadap pengakuan perusahaan terhadap karyawan serta Indonesia Salary Guide 2021

Dari survey yang kami lakukan, 70% responden menyebutkan bahwa remunerasi dan tunjangan yang ditawarkan atau diberika oleh perusahaan adalah pertimbangan paling utama saat pencari kerja menerima tawaran pekerjaan. Selain itu, main industry dari perusahaan adalah hal kedua yang sangat dipertimbangkan sebelum menerima penawaran pekerjaan. Dari laju pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mengalami kontraksi ekonomi di Indonesia, 48% perusahaan atau pemberi kerja yang kami survei berniat untuk menaikkan gaji kepada karyawannya di 2021. Kenaikan ini pengaruhi oleh mulai bangkitnya ekonomi di Indonesia di tahun 2021. Untuk karyawan baru di industri seperti perbankan, layanan keuangan dan hukum, kami memperkirakan akan mengalami kenaikan gaji dikisaran 6,7% sampai dengan 10%.

Kami masih mengeksplorasi bagaimana karyawan dan pelamar dapat mengevaluasi nilai mereka dalam sebuah perusahaan/organisasi. Dan itu akan membantu dalam negosiasi gaji, baik itu selama wawancara kerja atau penilaian tahunan.

Negosiasi Gaji 2021

Tidak semua memiliki bakat dalam negosiasi, bahkan professional pun mengalami kendala dalam negosiasi gaji. Dalam proses tawar menawar adalah keterampilan yang diperoleh, negosiasi gaji membutuhkan pola pikir dan strategi yang berbeda. Alih-alih menyelesaikan jumlah penawaran gaji yang ditawarkan, berikut adalah beberapa tips dalam negosiasi gaji.

  1. Kerjakan pekerjaan rumah anda.
    Sangat penting untuk melakukan riset dan mengetahui nilai tambah anda sebelum melangkah ke wawancara dan negosiasi gaji yang lebih tinggi. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menghitung perbandingan gaji tahunan anda. Selain itu skills anda juga akan sangat mempengaruhi terhadap penawaran gaji dan gaji yang anda harapkan dalam proses negosiasi gaji. Anda dapat mencari skills yang paling dibutuhan saat ini.
  2. Ketahui nilai Anda
    Nilai anda bagi perusahaan/organisasi terkadang lebih dari sekedar sebagai seorang karyawan yang menyelesaikan pekerjaan. Misalnya jika Anda memiliki pengalaman kerja 10 tahun di bidang sales and marketing, Anda dapat untuk melamar posisi senior sales and marketing. Tawaran gaji yang Anda dapatkan akan lebih besar.
    Jika pekerjaannya sama, namun posisi yang Anda dapatkan adalah sebagai seorang senior dengan perbedaan jabatan yang lebih mencolok. Keterampilan yang telah anda kembangkan selama lebih dari 10 tahun semakin memberikan nilai tambah dan kepercayaan dari perusahaan untuk menerima anda sebagai bagian dari team. Negosiasi gaji akan semakin lebih menantang dan Anda bisa mengajukan tawaran yang lebih tinggi dari yang anda harapkan sebelumnya.
  3. Abaikan gaji Anda sebelumnya
    Salah satu kesalahan yang dilakukan banyak kandidat adalah mendasarkan negosiasi gaji dengan gaji terakhir. Meskipun lebih baik untuk menghasilkan lebih dari pekerjaan dan perusahaan yang baru, menggunakan gaji terakhir Anda sebagai referensi bukanlah salah satu hal yang menjadi dasar utama. Anda bisa menentukan gaji yang diharapkan berdasarkan industry perusahaan baru Anda, serta seberapa besar perusahaan yang anda hadapi. Perusahaan besar biasanya memiliki standard yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan perusahaan lainnya di industri yang sama.
    Banyak perusahaan yang terkadang meminta laporan gaji terakhir, namun ada beberapa perusahaan yang tidak meminta. Semuanya tergantung dari peraturan perusahaan masing-masing.
  4. Pikirkan diluar gaji pokok Anda
    Menyebutnya sebagai “negosiasi gaji”memang tidak akurat karena sebenarnya negosiasi justru bertujuan untuk mendapatkan nilai tambah dari perusahaan Anda sebelumnya. Sebagai contoh, gaji yang ditawarkan mungkin lebih rendah dari yang Anda harapkan. Namun, tunjangan yang menyertai gaji mungkin lebih menarik dan lebih dari sekedar nila tambah yang Anda dapatkan selain kenaikan gaji yang sedikit.
    Misalkan gaji yang yang ditawarkan tidak sesuai dengan harapkan Anda. Dalam hal ini, Anda dapat menegosiasikan mandaat lain seperti rencana kesehatan yang lebih baik, pengaturan kerja yang fleksibel, cuti tambahan, peluang pelatihan, bonus, dan ketikan gaji tahunan. Anda menerima banyak manfaat walaupun kenaikan gaji yang Anda dapatkan sedikit.

Ketika Anda menegosiasikan gaji Anda diperusahaan yang baru, ide yang lebih baik adalah memberikan jumlah yang lebih tinggi cobalah bernegosiasi di sekitaran yang tidak jauh beda. Dari penjelasan diatas anda dapat melakukan negosiasi gaji dengan range yang Anda harapkan. Perubahan gaji di perusahaan yang baru memang lebih besar, tetapi tetap perhatikan benefit tambahan yang Anda dapatkan ditempat yang baru. Negosiasi gaji ini dirangkum oleh team Rekrutmen Online.

Exit mobile version